My Little town in the beautiful night

Pekanbaru, merupakan ibukota Profinsi Riau. Kata pekan dalam bahasa Melayu dapat bermaksud pasar, sehingga pekanbaru bermakna sebuah pasar baru. Perkembangan kota ini pada awalnya tidak lepas dari pengaruh fungsi sungai Siak sebagai sarana transportasi dalam mendistribusikan hasil bumi dari kawasan daratan tinggi Sumatera. Beberapa sejarahwan percaya Sriwijaya awalnya berpusat di sekitar Candi Muara Takus dan kemungkinan kawasan yang berada pada sehiliran aliran sungai Siak telah menjadi salah satu pelabuhan dari kerajaan Sriwijaya. Sebuah ekspedisi militer Portugis pada tahun 1514 dikirim menelusuri sungai Siak dengan tujuan menemui dan memastikan lokasi dari kerajaan ini.


Kota ini mulai menjadi pemukiman pada masa kesultanan Siak Sri Indrapura, yaitu pada era kekuasaan Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah, yang kemudian diteruskan oleh putranya Raja Muda Muhammad Ali. Selanjutnya, pada tanggal 23 Juni 1784, berdasarkan musyawarah datuk-datuk empat suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar, dan Kampar), kawasan ini dinamai dengan Pekanbaru. Berdasarkan SK Kerajaan, yaitu Besluit van Her Inlanche Zelf Destuur van Siak No.1 tanggal 19 Oktober1919, Pekanbaru menjadi bagian dari Kesultanan Siak dengan sebutan distrik.
Pada tahun 1931, Pekanbaru dimasukkan ke dalam wilayah Kampar Kiri yang dikepalai oleh seorang controleur yang berkedudukan di Pekanbaru dan berstatus landschap sampai tahun 1940. Kemudian menjadi menjadi ibukota Onderafdeling Kampar Kiri sampai tahun 1942.


Suasana Malam tahun baru 2011 M di Kawasan Jl. Diponegoro Pekanbaru. Tempat ini selalu ramai karena terletak di pusat Kota Pekanbaru. Saya dan teman-teman berada tepat di depan Radio Aditya.




Jalan jendral Sudirman , Pusat Kota Pekanbaru. Merupakan salah satu jalan protokol yang ada di Pekanbaru. Jalan yang memiliki panjang lebih kurang 15 Km ini sangat bersih dan ruas jalannya besar. 


Kantor Gubernur Riau. Bangunan nan megah sangat indah dilihat dimalam hari. Disekitar lokasi ini setiap malamnya selalu ramai, selain menjadi tempat untuk beristirahat dan sekedar berkumpul dengan orang-orang yang disayang.
  

Perpustakaan Wilayah Soeman HS. Pekanbaru. Bangunan ini di resmikan sekitar tahun 2008 oleh Gubernur Riau. Tempat ini sering dikunjungi oleh mahasiswa, anak sekolah, dan juga orang umum untuk mencari dan membaca buku-buku. Tercatat ada ribuan buku didalamnya.
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..