Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional

Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional - Sudah saatnya karya anak bangsa dijadikan sebagai pelopor kemajuan dalam bidang teknologi. Dan Tak dapat dipungkiri pula hasil karya anak bangsa tidak kalah saing dengan buatan luar negeri. Beberapa contoh karya anak bangsa dalam bidang teknologi adalah :


1. QuickPornScanner
aplikasi yang digunakan untukmendeteksi gambar-gambar porno dalam hardisk komputer ini dibuat oleh tim dari mahasiswa jurusan ilmu komputer Universitas Gadjah Mada. Aplikasi ini menggunakan metode "Nudity Detection Algorithm" yang sudah ditemukan sebelumnya pada tahun 2005 oleh Rigan Ap-apid.




2.  Artav - Anti virus
Aplikasi anti virus ini dibuat oleh beberapa siswa SMP Negeri 48 Bandung. Selain mendeteksi virus, aplikasi ini juga dapat mendeteksi spam, dan hal lain yang dapat membahayakan sistem komputer. Aplikasi ini dapat di download disini
3. Helm Anti ngantuk
Helm ini dirancang oleh dua orang siswa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo. Cara kerja helm ini adalah secara otomatis menambah suplai oksigen pada pemakainya saat kadar oksigen menurun.




4. Kompor berbahan bakar minyak jelantah
Seorang perekayasa dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pak Safriadi menjelaskan bahwa BPPT sudah melakukan subtitusi bahan bakar minyak tanah sejak tahun 2004. Karena, pada saat itu harga minyak bumi naik, pasokan gas elpiji terkadang tersendat, minyak tanah semakin melambung harganya dan semakin langka. Disamping itu minyak jarak yang sebelumnya jadi harapan masyarakat yang selama ini dipromosikan pemerintah belum juga hadir. Sehingga, BPPT lebih cenderung untuk membuat kompor berbahan bakar nabati dengan minyak jelantah sebagai bahan bakarnya.




Minyak jelantah ini juga berpotensi menjadi alternatif energi bahan bakar nabati yang ramah lingkungan dan bisa menurunkan 100% emisi gas buangan Sulfur dan CO2 serta CO sampai dengan 50%.



5. Mobil Arina
Mobil Arina, yang merupakan singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes). Arina bekerjasama dengan Departemen Perindustrian terus berupaya agar Arina menjadi micro car alias mobil mikro 100 persen buatan dalam negeri.




Langkah ini diambil agar suku cadang asil alias Original Manufacturing Part tetap berjalan sehingga membangun industri inti antara lain cluster UKM. Hal ini untuk menjaga spare part Arina tetap ada. ( ikh / ddn )


 




Dengan adanya Event CompFest 2011 yang diadakan oleh  Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini hendaknya dapat menjadi wadah bagi kita anak bangsa dalam menyalurkan bakat , skill, dan kemampuan kita. Karena dalam event ini diadakan beberapa kompetisi dengan total hadiah senilai jutaan rupiah, diantaranya :


1. Blogging untuk umum

2. Programming untuk SMA dan Perguruan Tinggi,

3. Robotic untuk SMA

4. Game Design Android untuk umum.



Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

7 comments :

  1. visit you

    follow me ok
    www.areapanas.com

    ReplyDelete
  2. Two thumbs up buat anak Indonesia yang berprestasi !! Semoga bermanfaat bagi warga & negara .... :)

    ReplyDelete
  3. pastinya bermanfaat bundo hesti.. :D
    apalagi kalo ikutan Compest2011.. :)

    ReplyDelete
  4. Waaah mobil arina keren tuh mas, mantep banget desainnya juga, walau sederhana, tapi enak dipandang :D

    ReplyDelete
  5. waaah keren2 karya temen2 kita.. salut..!
    mobil arinanya lucu tuh..
    thank juga ya buat info compfest 2011 ;)

    ReplyDelete
  6. Ah, aku mau mobil Arina itu, dong. Imut banget, hihihi :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..