-->

Mari Belajar PHP

Udah lama rasanya tidak posting di blog ini. Setelah sekitar seminggu ditinggal, alhamdulillah keadaan nya masih sehat-sehat aja, dan gak ada sedikitpun sarang laba-laba #abaikan. Berhubung hari ini adalah Hari Blogger Nasional, nah hasrat pengen posting saya timbul seketika. Dan kali ini postingan nya adalah sebuah tutorial sederhana - Membuat Form PHP. okeh, selamat menikmati membaca..! :) PHP merupakan singkatan dari Proffesional Home Page, Bahasa pemrograman web ini sangat  ampuh (*lebih disukai) untuk membuat halaman Web dinamis dan interaktif. Selain PHP itu grtais / open source, PHP juga memiliki banyak kelebihan diantara bahasa pemrograman web lainnya seperti ASP (Microsoft), JSP, dan lainnya.

gambar dari si mbah

Kali ini saya akan membahas bagai mana membuat form di halaman PHP. buat file input.php, boleh pake notepad ato dreamweaver, ato apa aja yang penting bisa nulis. lalu copykan code dibawah:

<html>
<body>


<form action="welcome.php" method="post">
Name: <input type="text" name="fname" />
Age: <input type="text" name="age" />
<input type="submit" />
</form>


</body>
</html>


Kemudian save, kemudian buat lagi file baru namanya welcome.php. caranya sama kayak yang diatas, trus copyin code ini:

<html>
<body>


Welcome <?php echo $_POST["fname"]; ?>!<br />
You are <?php echo $_POST["age"]; ?> years old.


</body>
</html>

oke save. dan sekarang jalankan file input.php di browser kamu. oya, sebelumnya kamu harus meletakkan kedua file ini dalam folder htdocs (folder web server nya). trus panggil / ketikkan di browser localhost/input.php . Selamat mencoba!!!!


Selamat Hari Blogger Nasional...!!!
LihatTutupKomentar