-->

Buat Aplikasi Chating PHP AJax

Good morning Readers,, Happy Weekend!! walaupun pagi ini Pekanbaru diguyur hujan deras, semoga saja tidak membuat kita makin malas dan menarik selimut lebih dalam. 
hujan punya cerita tentang waktu aku tertawa bersama dunia 
Pagi ini saya akan share cara membuat aplikasi chatting berbasis PHP Ajax, dan MySQL sebagai Database nya. Di sini kita memanfaatkan ajax untuk komunikasi client (browser) ke server. Ajax setiap detik akan melakukan request ke server (tanpa harus refresh). Di sini kita bisa memanfaat fungsi setTimeout() pada javascript. Fungsi setTimeout() berguna untuk me-set timer setiap berapa per milisecond javascript mengeksekusi suatu fungsi, contoh :

setTimeout("ambilPesan()",1000);

Kode di atas berarti, eksekusi fungsi ambilPesan() setiap 1000 milisecond. Mari kita lihat konsep untuk membuat aplikasi chatting:
  1. Kita buat objek ajax yang nantiya bertugas melakukan komunikasi ke server
  2. User memasukkan nama, yang nantinya kita simpan dalam suatu variabel
  3. Ketika user selesai mengetik pesan, masukkan ke dalam database melalui ajax
  4. User, baik kita sendiri atau orang lain, setiap 1 detik akan mengecek ke server, apakah ada pesan baru, jika ada tampilkan.
pertama, instal dulu mysqlnya. ato biar mudah pake xampp aja, udah lengkap semua. download nya disini. lanjut, readers bisa download code prorgamnya disini dan ekstract ke folder c:/xampp/htdocs/ . Nah buka halaman phpmydamin , trus masuk ke database Test. Pada tab menu yang ada di atas, klik import - choose file, dan terakhir klik go. 
Okeh, Database sudah sukses, sekarang saatnya kita coba jalankan di browser. ketik pada url browser:
http://localhost/drzchat
nah, kalo sukses, tampilannya itu akan seperti ini:


Selamat mencoba!!! Happy Weekend Readers..

LihatTutupKomentar