Hip Hop for PHP


Sudah pada tahu kan “HipHop for PHP” yang kemarin (2 feb 2010) booming? Sudah ada videonya tuh off air di halaman publikasi penulisnya, Haiping Zhao.
Review sedikit, HipHop for PHP adalah lebih dari sekedar compiler‘ dan bisa menghemat CPU usage pada webserver hingga rata-rata 50%. Lumayan lah..
Kenapa kok dimulai dengan PHP? Menurut Zhao, PHP nih kan bahasa pemrograman yang simple, mudah dipelajari, mudah diketik, mudah dibaca, dan mudah didebug. Karena itulah Facebook bisa dengan mudah mengundang engineer-engineer baru untuk bergabung dengan munggunakan bahasa ini. Sehingga Facebook bisa berinovasi dengan lebih cepat.
Secara teknis, HipHop bukan sekedar compiler. Oleh HipHop, mula-mula codingan PHP kita dirubah menjadi bahasa C++ yang highly optimized. Kemudian, highly optimized C++ source code ini dicompile dengan menggunakan g++.
Zhao menjelaskan, HipHop mengeksekusi source code yang sudah “dipenyet habis-habisan” tadi secara semantically equivalent manner(halah.. ra mudheng :-D ) dan menghilangkan fitur yang jarang digunakan, demi menaikkan performa. Contoh fitur yang dihilangkan adalah fungsi eval(). Hmm.. *think again*
Meskipun HipHop telah menunjukkan hasil yang incredible, pengerjaannya masih belum komplit. Kita bisa mencoba versi betanya.
Btw, kedengarannya agak gimana gitu ya. eval() mungkin kita gak sering pake. Tapi siapa yang tau ada fungsi lain yang ternyata kita butuhkan ternyata malah dihilangkan? Apakah codingan kita yang pake GD Library semua berjalan baik? Bagaimana pula jika pakai framework?
Well, mungkin ini hanya kekhawatiran berlebih untuk meragukan kemampuan developer-developer HipHop. Secara, mereka sudah membangun HipHop yang sekarang hingga mencapai 300.000 baris source code dan sudah melalui 5.000 unit tes. Dan “sore ini” (kemarin) HipHop telah dirilis di GitHub dengan open source PHP lisence.
Untuk belajar lebih banyak, coba tengok ke HipHop wiki. Atau tonton videonya kemarin sore sambil baca publikasinya.
Kalau udah cicip duluan, share dirumahdot ya ^ ^

Enjoy the HipHop!
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

3 comments :

  1. ya sempet balajar php sebentar, tapi sekarang udah gak pake lagi. soalnya lain profesi, bukan programer

    ReplyDelete
  2. hemm.. masih kurang ngerti masalah beginian. ;)

    ReplyDelete
  3. yang aku tau source code itu filmnya kerenn *ehh*

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..