Perbedan Cpanel dengan SPanel

Beda Cpanel dengan Spanel - Cpanel dan Spanel adalah salah satu fasilitas untuk memudahkan proses hosting di sebuah web. Sebenarnya dari fungsi yang diberikan antara sPanel dan cPanel tidak lah berbeda. Mungkin secara general, tentu pembuatnya yang berbeda.

Berikut adalah beberapa penjelasan antara spanel dan cpanel :

sPanel
Panel kontrol hosting berbasis Unix/Linux (saat ini, berbasis Debian) yang dikembangkan sendiri oleh PT Master Web Network (MWN). Spanel memiliki antarmuka web yang cukup sederhana, termasuk versi teks yang ringan bandwidth, serta beberapa fitur unik seperti histori backup 3 bulan yang dapat dibrowse/direstore per file, mekanisme keamanan skrip CGI, dsb.

Contoh tampilan SPanel


cPanel
Sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar.

Contoh tampilan CPanel


Secara fungsi dari keduanya adalah sama. Yaitu sama-sama untuk mengontrol web hosting yang kita miliki. Tapi tidak semua jenis website yang berbasis cms cocok dengan spanel. Untuk joomla, wordpress, phpbb sudah bisa diinstall dalam spanel. Dari segi intslansinya pun tentu berbeda. Terakhir adalah interface antara kedua panel kontrol ini tentu berbeda.
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..