-->

It's Time To Change Your Career

Apa yang paling membahagiakan dalam hidup ini ? Bagi beberapa orang mungkin jatuh cinta untuk yang pertama kali, yang lain barangkali keluarga yang harmonis. Tapi bagi Roger Colantes, Asia’s Best Training Guru and Top Resiliency Coach, memiliki pekerjaan yang kita sukai dengan financial reward yang sepadan juga menjadi sumber kebahagiaan yang besar.
Namun banyak orang yang tidak seberuntung itu. Banyak dari kita yang tidak suka atau bahkan benci dengan pekerjaan kita. You do it because you have no choice, not because you like it. Sider merasakan beban yang berat ketika berangkat kerja setiap pagi, apalagi hari Senin. Kita merasa hampa, perkerjaan kita gak lagi menjadi sumber kepuasan hidup. What to do ?.


Membuat keputusan untuk keluar dari pekerjaan kita sekarang bukanlah hal yang gampang. Walapun bos kita sangat menyebalkan dan gaji gak naik-naik, sementara biaya hidup semakin mencekik, Sider lebih takut dengan ketidakpastian di lingkungan kerja yang baru. You are stuck !.
So how do you know when it’s time to go ?. Mengenali tanda-tanda dibawah ini dapat membantu sobat Sider memutuskan apakah emang udah saatnya buat move on.

Merasa Tidak Bisa Memberikan Yang Terbaik
Kita semua pernah ngalamin saat dimana kita rasanya males banget atau hari-hari dimana kita gak produktif. Tapi gimana kalau hari-hari itu berubah menjadi berbulan-bulan ?. Waktu kita merasa underperfomed, ini adalah tanda-tanda mulai hilangnya motivasi kerja. Saatnya update CV dan cari tantangan baru.
Merasa Tidak Punya Masa Depan di Pekerjaan Sekarang
Waktu interview kita sering ditanyain : “Dimana diri Anda tiga, lima, atau sepuluh tahun lagi ?”. Mungkin udah saatnya kita tanya kepada diri kita sendiri, tapi kali ini, “Apakah aku melihat diriku DISINI tiga, lima, atau sepuluh tahun lagi ?”. Kalau jawabannya TIDAK, apa rencana Sider ?, mau kemana ?, dan kapan mau pindah ?.

Tidak Ada Kesempatan Buat Pengembangan Diri
Apakah Sider merasa skil nya sudah jauh ketinggalan ?. Misalnya tiba-tiba hari ini perusahaan bangkrut terus menyebabkan jobless. Apakah Sider yakin bisa mendapatkan posisi yang lebih baik atau sama seperti sekarang ?. Apakah perusahaan tempat kita bekerja memberikan training dan kesempatan untuk kita bekerja dan mengembangkan diri ?. Jika tidak, mungkin udah saatnya Sider pindah walaupun kelihatannya kondisi perusahaan tempat bekerja masih stabil.

Merasa Kurang Mendapatkan Penghargaan
Apakah Sider merasa dihargai ? Merasa dihargai di tempat kerja adalah salah satu benefit dan kompensasi yang tidak dapat diukur oleh materi apapun. Sampai dimana seseorang ingin merasa dihargai agar bahagia ditempat kerja berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Beberapa tidak masalah gak pernah dapat kata-kata pujian atau penghargaan atas prestasi mereka, tapi tidak sedikit yang merasa pengakuan jenis ini justru lebih penting dari gaji yang tinggi.


Tidak Digaji Sepantasnya
Apakah Sider digaji sesuai dengan kemampuan diri ?. Walaupun gaji yang gak memadai bukan satu-satunya atau bahkan alasan yang paling utama seseorang pindah kerja, tetap ini faktor yang sangat penting. Bagi kebanyakan orang, dibayar dengan pantas sesuai dengan atau lebih tinggi dari standar “pasar” adalah bentuk lain dari penghargaan. Yang lebih parah lagi , Sider kebetulan tahu tahu bahwa rekan kerja Sider yang kurang qualified atau kurang pengalaman malah dibayar lebih tinggi. Wah… wahh.. wah.. sepertinya ini memang saatnya kita mencari pekerjaan di tempat yang lain.
“Pandanglah hari ini. Kemarin sudah menjadi mimpi. Dan esok hari hanyalah sebuah visi. Tetapi, hari ini yang sungguh nyata, menjadikan kemarin sebagai mimpi kebahagiaan, dan setiap hari esok sebagai visi harapan.”
Alexander Pope
LihatTutupKomentar