Makna Pahlawan Jangan Alami Devaluasi

Siapakah yang pantas disebut pahlawan saat ini?

Selamat Hari Pahlawan!
Heroisme dan kepahlawanan di Indonesia tidak boleh mengalami devaluasi. karena itu, kepahlawanan masa kini harus diwujudkan dengan kreativitas dan aktivitas nyata yang bermakna mendalam bagi rakyat banyak. Para kreator dan aktor yang mampu membebaskan rakyat dari ketidak adilan, kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan merupakan kekuatan spirit kepahlawanan, yang seyogyanya digelorakan untuk memperkuat integrasi nasional. Para aktor dan kreator yang heroik tentu ANTI KKN, dan mengabdikan hidupnya demi kebajikan dan kemanusiaan.  Sepi ing pamrih rame ing gawe (sunyi dari kepentingan pribadi, namun giat bekerja/ berkarya nyata).
Heroisme
Para Sosiolog dan sejarawan sering menyebutkan bahwa karakteristik seseorang pahlawan sejati adalah keberanian, kebangsawanan hati dan jiwa serta kejujuran hati nuraninya dalam menilai setiap keadaan. Sang Pahlawan adalah sosok semasa hidupnya berani bertindak karena benar. Ia selalu berada di depan, bersedia berkorban untuk kepentingan orang banyak. Ia tidak mudah goyah di tengah-tengah godaan untuk menghimpun kekayaan dan kekuasaan bagi diri sendiri. Orientasi yang konstan dari seorang pahlawan sejati adalah kepentingan bersama atas segala-galanya dan ini mutlak untuk dilakukan.


Nilai kepahlawanan itu sendiri sebenarnya tidak terbatas pada suatu masa ataupun suatu bidang kehidupan tertentu saja. Potensi dan intuisi kepahlawanan itu sendiri akan selalu ada dan hidup didalam diri orang yang memiliki bakat untuk itu, dan ini akan selalu ada disegala zaman dan segala bidang kehidupan


Finally, Selamat Hari Pahlawan Nasional!!!
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..