-->

Sukuh Temple - Peninggalan Terakhir Kerajaan Majapahit

Sukuh Temple, atau candi sukuh terletak di Kabupaten Karanganyar, Tawangmangu bersebelahan dengan kota Solo Provinsi Jawa tengah. Candi ini merupakan peninggalan terakhir kerajaan Majapahit. Keindahan alam nan luar biasa eloknya terlihat jelas di sepanjang jalan menuju candi.

Jalan menuju candi sukuh
Hari  sabtu, 11 Mei kami bersama rombongan Blogger Asean berangkat mengunjungi candi Sukuh dari Kota Solo tepatnya dari Hotel Sahid Kusuma Jaya. Rombongan yang berangkat diperkiranakn sekitar lima puluh orang, kami berngkat menggunakan mini bus yang sudah disediakan oleh panitia. Saya, mbak Anaz, Dodi, dan Bryan berada di dalam Bus pertama. 

Nanjak goyang lutut gan..

Jalan yang terus menanjak hingga ke lokasi candi membuat bus yang kami tumpangi mogok tidak sanggup untuk mencapai ke atas. Alhasil, kemi harus berjalan sekitar satu kilo menuju candi yang berada di atas puncak. Lelah memang, tapi semua terbalaskan ketika kita mencapai puncak (lokasi candi). Sejauh mata memandang terlihat hamparan perkebunan teh dan pemandangan luar biasa yang tak pernah saya temui di Pekanbaru.

Foto-foto dulu dongg..
Di Lokasi candi Sukuh sendiri sudah ada pemandu wisata yang disewa oleh panitia #ABFI untuk memandu kami selama disana. Informasi yang saya peroleh dari pemandu adalah bahwa candi sukuh ini merupakan peninggalan terakhir kerajaan Majapahit. Candi ini mempunyai makna kasih sayang, antara ibu dan anak, teman, dan sebangsa.
Candi Sukuh
Di pintu masuk candi terdapat sepasang patung garuda yang sudah tidak ada kepalanya, tidak ada alasan yang jelas mengapa kepala patung-patung disini tidak ada. Pak pemandu menjelaskan bahwa sejak penemuan pertama candi ini, patung-patung disini sudah tidak ada kepalany . Entah karena dicuri atau memang arsitektur nya seperti itu.

Patung Garuda

Jangan berfikir yang aneh2 ya..


Beberapa stupa, patung, dan ornamen candi yang terdapat di dalam komplek Sukuh.

Bareng Mbak Anaz, Niar Ningrum
Finally sekian artikel mengenai Candi Sukuh, tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi jika anda sedang berada di Solo. Terima kasih untuk #ABFI yang telah mengajak kami jalan-jalan menelusuri Kota Solo dan sekitarnya. Cause Indonesia is not only Bali, right?? :)

Foto bareng Blogger Asean

LihatTutupKomentar