Beberapa Tips Sederhana Untuk Menghemat Biaya Perjalanan Anda

Kamu suka traveling dan suka dengan pengalaman baru? Setiap pengalaman bepergian ke suatu daerah dan negera berbeda, masing-masing memiliki ceritanya sendiri. Mungkin pernah juga terpikirkan oleh Anda bagaimana bisa orang-orang dengan semangatnya pulang-pergi traveling tanpa terlihat pusing memikirkan biaya dan budget yang kelua? Kekhawatiran Anda memang cukup beralasan, tetapi bukan berarti Anda berhenti sampai di sini untuk mencari tahu jawaban sebenarnya.

Jika Anda sering kali menemui rekan kerja atau saudara yang hobi traveling hingga berkali-kali justru mendatangi negara lain, maka mereka sudah mengetahui trik khusus atau cara mendapatkan harga terbaik dengan cara smart. Memangkas biaya transportasi khususnya via udara, menjadi cara tepat yang bisa Anda lakukan agar menghemat budget perjalanan dan total pengeluaran. Tentunya Anda juga harus menyesuaikan dengan beberapa hal penting, termasuk lokasi tujuan traveling. 

Selain mengetahui kapan waktu terbaik pemesanan tiket pesawat, Anda juga bisa menggunakan jasa online travel agent (OTA) yang lebih memberikan keringanan harga. pemilihan jeda waktu yang pas sebelum keberangkatan adalah faktor lainnya agar mendapat peluang tiket promo pesawat. Online booking juga lebih memberi banyak pilihan untuk membandingkan harga dari berbagai jenis maskapai dengan pilihan waktu sesuai kebutuhan Anda. Atau bisa sebaliknya, Anda mendapatkan harga khusus terlebih dahulu, baru kemudian menyesuaikan jadwal hari keberangkatan. 


Jika sudah mantap menentukan lokasi tujuan, maka segera saja melakukan pencarian secara online. Sebaiknya melakukan pencarian saat tengah malam hingga pagi hari karena jarang orang melakukan hal yang sama. Sehingga makin besar peluang Anda bukan? Lalu bagaimana dengan cara pemesanannya? Prosedur pemesanan umumnya tersedia petunjuk dan alur yang cukup lengkap. Anda hanya perlu mengikuti prosedurnya. 

Biasanya dalam laman masing-masing situs tersebut menyediakan beberapa tombol, termasuk klik di sini untuk pesan. Pastikan Anda telah menekan tombol klik pesan, next lakukan pembayaran yan dilakukan secepatnya karena ada batasan waktu yang ketat, jika melebihi batas waktunya, maka e-ticket Anda akan hangus secara otomatis. Jangan biarkan kesempatan besar Anda menjadi gagal karena kelalaian kecil. 

Nah, selanjutnya, mungkin Anda pernah mendengar tentang menaiki pesawat tanpa membeli bagasi. Sebenarnya cara ini juga cukup berguna untuk menghemat biaya traveling. Kondisi ini menyebabkan Anda harus lebih jeli mengetahui informasi lengkapnya. Dan juga membawa barang-barang secukupnya saja. Apalagi dalam penerbangan internasional yang biasanya lebih sulit untuk mendapatkan ukuran yang pas. Misalnya saja kabin AirAsia dengan ukuran berat 7 kg, dan juga 36 cm x 23 cm serta 56 cm. pastikan tas ransel Anda masih cukup untuk berada di tempat tersebut. 

Dari awal, Anda harus bisa memastikan, bila tak ingin mengambil bagasi, maka barang bawaan Anda tak bisa melebihi ukuran tersebut. Jangan sampai tas ransel Anda kedapatan melebihi ukuran kabin, karena kalau tidak, Anda harus melakukan re-packing, bahkan hingga terpaksa membeli bagasi dan terkena denda.



Barang bawaan Anda harus bisa diperkirakan jika benar-benar memutuskan untuk tidak membeli bagasi. Pertimbangan paling bagus ketika Anda mengambilnya saat bepergian di musim panas atau dengan negara tujuan yang memang memiiki iklim tropis atau pun subtropis. Anda juga harus menyisihkan sedikit ruang ketika di lokasi tujuan nantinya berkeinginan untuk membeli oleh-oleh, lagi-lagi Anda harus mensiasatinya dengan bijak. Ukuran baju dan juga kain yang sekiranya tidak menambah bobot barang bawaan juga perlu diperhatikan. 

Jika memang Anda benar-benar sangat efisien membawa barang-barang maka bisa menggunakan pilihan jasa laundry untuk keamanan ketersediaan pakaian Anda. So, selalu ada solusi yang terbaik deh untuk setiap masalah. Anda hanya perlu tenang menyiapkan dana dengan matang ya. Namun yang terpenting memanage barang-barang Anda dengan rapih dan penataan yang tepat. Anda juga bisa membawa zip bag berukuran besar agar Anda mendapat kabin pesawat yang lebih besar.

Contoh Zip Bag

Setelah memastikan bobot dan ukuran tas yang sesuai, janganlah terlihat panik, Anda harus meyakinkan diri Anda sendiri untuk taat peraturan. Jangan membuat keputusan tidak membeli bagasi jika memang kondisi Anda tidak memungkinkan, misalnya untuk jarak negara tujuan yang terlalu jauh, ataupun jangka waktu kunjungan yang cukup lama. Anda tidak harus beralasan untuk berhemat jika ternyata denda dan biaya tambahan karena tidak lolos pemeriksaan jauh lebih mahal. Enjoy your trip!
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..