DIY Membuat rumput taman lapangan bola


Belakangan ini dalam dunia interior design begitu ngetrend, yang namanya konsep rumah minimalis, dengan berbagai ornamennya yang serba minimalis. Mungkin hal ini terinspirasi dengan semakin sedikitnya lahan untuk tempat tinggal disekitar Anda.

Cara Menaman Rumput Gajah Mini Cukup Mudah!

Salah satu ornament di dalam rumah minimalis adalah adanya rumput taman yang menghiasi pekarangan belakang rumah maupun halaman depan rumah minimalis Anda. Salah satu jenis rumput taman yang sedang ngetrend saat ini adalah rumput gajah mini.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam rumput gajah mini, berikut gambar jenis rumput tanam gajah mini.
gambar cara menanam rumput gajah mini
Dari namanya saja sudah jelas kalo rumput ini berbentuk mini, sangat cocok dengan konsep rumah minimalis Anda bukan? Cara menanam rumput gajah mini tidaklah sesusah Anda membangun rumah. Cukup luangkan waktu sejenak dan ikuti cara menanam rumput gajah mini dari kami hehehe.

Rumput gajah mini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para desaigner eksterior rumah untuk menambah kesan asri pada rumah hunian. Daunnya yang kecil meminimalisir perawatan sehingga tidak merepotkan atau menyita banyak waktu Anda.

Anda dapat mendapatkan rumput gajah mini tersebut dengan merogoh kocek cukup 15.000 hingga 20.000 per meter perseginya. Cukup murah bukan dibandingkan dengan hasilnya yang dapat menjadikan rumah Anda lebih asri dan hijau jauh dari kesan gersang.

Cara menanam rumput gajah mini sangatlah mudah, Anda bisa koq mengerjakannya sendiri tanpa memanggil tukang kebun, sekalian untuk mengisi hari libur Anda. Jika rumah Anda memiliki halaman berupa tanah kosong sebagai media tanam, inilah cara menanam rumput gajah mini yang dapat Anda lakukan sendiri :


14 Langkah Praktis Cara Menanam Rumput Gajah Mini

1. Gemburkan terlebih dahulu tanah dengan cara dicangkul sedalam kurang lebih 5 hingga 10 cm dan ratakan kembali tanah tersebut.

2. Jika tanah halaman rumah Anda terlalu gersang dan tandus, sebaiknya berikan dahulu pupuk kandang untuk menjaga nutrisi tanah dan diamkan selama 1 minggu sebelum memulai menanam.

Apabila yang menjadi persoalan halaman rumah Anda tidak tersedia tanah, maka cara menanam rumput gajah mini diawali, dengan mengurug halaman dengan tanah. Anda bisa mencarinya di kebun atau beli tanah urug khusus taman. Biasanya jenis tanah yang dipakai adalah tanah latosol (tanah merah).

3. Waktu memulai cara menanam rumput gajah mini, sebaiknya di saat musim hujan. Agar rumput yang baru ditanam mendapat suplay air yang cukup banyak.

4. Belilah rumput gajah mini di tukang taman atau penjual bunga disekitar rumah Anda, harganya bervariasi dari 15.000 hingga 20.000 tergantung tempat Anda membeli.

5. Cara menanam rumput gajah mini selanjutnya adalah menyobek rumput yang sudah Anda beli agar menjadi kecil dengan ukuran sekitar 3 hingga 5 cm.

6. Tanamlah potongan – potongan kecil rumput gajah mini tadi hingga akarnya tertutup tanah, tanamlah dengan pola zig zag agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

7. Untuk memperkuat jalinan akar dengan tanah, dapat dilakukan cara memukul pelan rumput gajah mini agar akar rumput benar – benar melekat di dalam tanah.

8. Cara menanam rumput gajah mini selanjutnya adalah meratakan posisi rumput dengan tanah dengan cara menindihnya dengan balok kayu, kemudian setelah rata dengan permukaan tanah balok kayu bisa diangkat kembali.

9. Setelah lahan siap. langkah berikutnya cara menanam rumput gajah mini yaitu dengan menacapkan sedikit perakaran ketah, berikan tekanan agar akar terikat tanah, Anda dapat mengurug sedikit sela-sela tanaman dengan tanah supaya tanaman tidak tergeser.

Untuk jarak tanam dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya cara menanam rumput gajah mini dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini :

gambar cara menanam rumput gajah mini 
9. Tambahkan juga pupuk urea dan juga NPK, jika memang diperlukan. Pemupukan dapat dimulai 2 minggu sejak rumput gajah mini ditanam. Cara menanam rumput gajah mini ini bertujuan, agar merangsang pertumbuhan rumput lebih pesat.

10. Siramilah dengan rutin sehari 2 kali setiap pagi dan sore hari, untuk mempercepat pertumbuhan rumput gajah mini. Disarankan untuk menyiraminya menggunakan gembor atau semprotan halus.

11. Jika disekitar rumput gajah mini Anda banyak ayam yang berkeliaran, Anda dapat mengantisipasinya dengan menutup rumput gajah mini tersebut dengan daun kelapa atau blarak agar tidak dicakar ayam. Namun setelah usia tanam mencapai 7 hari blarak tersebut dapat diambil kembali.

12. Cara menanam rumput gajah mini juga erat kaitannya dengan sistem pencahayaan yang cukup bagi rumput. Jika rumput kurang mendapat pasokan sinar matahari, maka rumput gajah mini akan tumbuh memanjang dan hal itu tentunya bukanlah yang diharapkan.

Maka sebisa mungkin rumput gajah mini Anda agar mendapat paparan sinar matahari langsung agar pertumbuhannya menyamping dengan daun yang kecil – kecil yang sedap dipandang mata.

13. Cara menanam rumput gajah mini selanjutnya adalah dengan memperhatikan pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini Anda. Segera cabut gulma tersebut hingga ke akarnya agar tidak mengganggu.

14. Cara merawat rumput gajah mini adalah dengan menghindarkan sebisa mungkin dari pejalan kaki penghuni rumah maupun tamu rumah Anda.

Rumput gajah mini yang sering terinjak kaki, akan mempengaruhi pertumbuhan, dan membuat rumput tidak tumbuh seragam, tentu hal ini bukanlah keinginan Anda. Langkah awal cara menanam rumput gajah mini supaya sempurna adalah hindari dari pijakan kaki, menunggu perakaran tumbuh sempurna.

Jika memang lahan rumput gajah mini Anda tidak bisa terhindar dari akses pejalan kaki, antisipasi hal tersebut dengan memberikan pijakan batu sebagai tempat lewat pejalan kaki agar tidak menginjak rumput gajah mini Anda.

Cara menanam rumput gajah mini agar terhindar dari pijakan, dapat Anda lihat pada gambar berikut :
gambar cara menanam rumput gajah mini 

Bagaimana ? mudah bukan cara menanam rumput gajah mini sendiri. Umumnya jika Anda menanam 1 meter rumput gajah mini, maka bibit tersebut akan berkembang meluas hingga 2 bahkan 3 meter lahan yang Anda sediakan.

Anda bisa menanam rumput gajah mini bersama keluarga tercinta. Disaat hari libur berkebun bersama anggota keluarga, menjadi cara mudah untuk mempererat hubungan emosional antar anggota keluarga. Demikianlah artikel singkat tentang cara menanam rumput gajah mini, selamat berkebun bersama keluarga tercinta !!!
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..