-->

Cara Redirect Halaman di .htaccess

Cara Redirect Halaman Web Menggunakan 301 Redirect
Anda baru saja mendesain ulang  atau membuat halaman baru di website, kemudian ingin mengarahkan / redirect halaman lama ke halaman baru tersebut namun tidak ingin kehilangan peringkat di mesin pencari yang telah tinggi. Pertanyaannya, Bagaimana Anda bisa dengan aman mengarahkan lalu lintas situs web anda dari  halaman lama ke halaman baru tanpa kehilangan peringkat SERP di mesin pencari? Anda dapat melakukan ini dengan mudah menggunakan "301 redirect

ilustrasi

Apa itu redirect 301?
301 redirect adalah metode terbaik untuk menjaga   peringkat website anda di mesin pencari ketika mengarahkan halaman web. Kode "301" ditafsirkan sebagai "pindah secara permanen". Setelah kode ini, URL dari halaman yang hilang atau diubah namanya adalah dicatat, diikuti oleh spasi, kemudian diikuti dengan  lokasi yang baru atau nama file. Anda dapat menerapkan  redirect 301 pada  file. htaccess. 

Apa itu file. Htaccess?
Ketika seorang pengunjung /visitor  mengunjungi sebuah halaman web, maka web server Anda akan memeriksa file .htaccess terlebih dahulu. File Htaccess berisi instruksi spesifik untuk permintaan tertentu, termasuk keamanan, isu redirection dan bagaimana untuk menangani kesalahan-kesalahan tertentu.

Bagaimana menerapkan 301 Redirect 
1. Buka file .htaccess pada file-manager website anda.Kemudian edit, bisa melakukannya secara online ataupun didownload dulu, edit di notepad kemudian di upload kembali.

2. Tambahkan kode dibawah ini dalam file .htaccess:
redirect 301 /old.htm http://www.you.com/new.htm

3. Simpan file htaccess (secara online), atau upload kembali file .htaccess yang didownload tadi ke path semula (secara offline).

4. Lakukan pengujian dengan mengetikkan alamat yang lama pada browser. Selanjutnya  anda akan diarahkan ke halaman baru secara otomatis.

Catatan: Jangan tambahkan "http://www" pada bagian pertama dari
halaman lama.
Keterangan kode:
kode redirect 301 (instruksi bahwa halaman tersebut telah pindah)
/old.htm (path folder lama dan nama file)
http://www.you.com/new.htm (path baru dan nama file)

Ketika pengunjung mencari situs anda lagi di mesin pencarian, mereka akan diarahkan mengikuti aturan yang telah Anda buat dalam file. htaccess. Menurut Google itu akan memakan waktu 6-8 minggu untuk mengganti  perubahan secara default pada SERP. 

Ilustrasi dari google 
Cara lain untuk menerapkan 301 redirect:
1. Untuk mengarahkan SEMUA file pada domain Anda menggunakan ini dalam Anda
. Htaccess file jika Anda berada di web server unix:

RedirectMatch 301 ^(.*)$ http://www.domain.com
RedirectMatch permanen ^(.*)$ http://www.domain.com

Anda juga dapat menggunakan salah satu di file htaccess.:

redirect 301 / index.html http://www.domain.com/index.html
redirect permanen http://www.domain.com/index.html / index.html
RedirectPermanent / index.html http://www.domain.com/index.html

Ini akan mengarahkan "index.html" ke domain lain menggunakan 301- Dipindahkan secara redirect permanen.

2. Jika Anda ingin mengarahkan http://mysite.com ke http://www.mysite.com maka anda harus mengaktifkan mod_rewrite pada server anda. Anda dapat menempatkan ini di file .htaccess seperti ini:

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^example\.com
RewriteRule ^(.*)$ http://www.example.com/$1 [R=permanent,L]

atau seperti ini:

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domain\.com$ [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.domain.com/$1 [R=301,L]
Tip: Gunakan URL lengkap Anda (yaitu http://www.domain.com) untuk mendapatkan link masuk ke situs Anda. Juga menggunakan URL lengkap Anda untuk  menghubungkan situs anda secara internal. 

3. Jika Anda ingin mengarahkan halaman Anda dari .html ke halaman .php, caranya aktifkan mod_rewrite pada server Anda, tempatkan di file .htaccess seperti ini:

RewriteEngine on 
RewriteBase / 
RewriteRule (.*).htm$ /$1.php 

4. Jika Anda ingin mengarahkan halaman .html atau halaman .htm ke  halaman .shtml . Karena Anda menggunakan Server Side Includes (SSI) tambahkan kode ini ke file htaccess:

AddType text/html .shtml 
AddHandler server-parsed .shtml .html .htm
Options Indexes FollowSymLinks Includes 
DirectoryIndex index.shtml index.html

301 redirect merupakan solusi masalah perpindahan halaman secara permanen di header HTTP agar memberitahu mesin pencari untuk dapat dengan mudah mengindeks target URL. 

Kesimpulan: Cara paling aman untuk mengarahkan halaman web lama ke halaman baru atau situs web lama ke situs web baru dan menjaga peringkat mesin pencari yang sama adalah dengan menggunakan 301 redirect. Hal ini juga tidak akan merubah peringkat SERP halaman.
LihatTutupKomentar