Belajar Framework PHP CodeIgniter


PHP merupakan salah satu bahasa pemrogaman backend server yang saat ini banyak di gunakan dalam sebagian besar web hosting. Bahasa pemrograman ini pada umumnya digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web. PHP pertama kali ditulis dan dikembangkan oleh Rasmus L. Sekarang, PHP adalah raksasa dengan banyak sekali pengguna dan pengembangan.
Dalam mempermudah proses developing PHP, programmer sekarang ini banyak sekali menggunakan framework PHP. Alasannya mereka menggunakan framework misalnya sebagai berikut:
  1. Mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan / pengembangan aplikasi web base.
  2. Mudah dalam proses maintenance karena ketika membangun aplikasi menerapkan pola – pola tertentu misalnya MVC (Model – View – Controller ).
  3. Tidak usah melakukan develop dari awal, karena pada umumnya framework sudah menyediakan fungsi – fungsi yang umum digunakan misalnya:accessing a database, sending email, validating form data, maintaining sessions, manipulating images, working with XML-RPC data dll.
 Framework adalah sekumpulan perintah/fungsi dasar yang sering dipakai sehingga perintah/fungsi ini dapat membantu dalam menyelesaikan proses-proses yang lebih kompleks.
Framewok PHP pada saat ini sangat banyak misalnya saja: Symfony,  CakePHP, Zend Framewok, Kohana, Codeigniter, FuelPHP dan masih banyaknya lagi, akan tetapi kali ini penulis ingin mengungkapkan CodeIgniter saja :) .  CodeIgniter adalah salah satu Framework PHP yang terkenal. Framework ini pertama kali di tulis oleh Rick Ellis, EllisLab.
Mengapa CodeIgniter ? CodeIgniter yang tepat untuk Anda jika:
  1. Small foot print.
  2. Kinerja yang luar biasa dan cepat.
  3. Kompatibilitas dengan account hosting standar yang menjalankan berbagai versi PHP dan konfigurasi.
  4. Menginginkan framewok yang membutuhkan konfigurasi hampir nol.
  5. Framework tidak mengharuskan Anda untuk menggunakan Command Line.
  6. Framework yang tidak mengharuskan Anda untuk mematuhi aturan-aturan coding yang membatasi.
  7. Dokumentasi yang sangat lengkap.
Link tutorial PHP lumayan lengkap  http://www.2expertsdesign.com/tutorials/codeigniter-framework-tutorials-for-php-application
    Share on Google Plus

    About Kurnia Rahman

    Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

    1 comments :

    1. hadeh...
      banyak yang musti di plajarin yah gan...
      mumet nih...
      Terima kasih sobat, atas Informasinya...

      ReplyDelete

    Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..