Profil Provinsi Riau

Peta Riau
Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang  terletak di Pulau Sumatra dengan ibukota Pekanbaru. Letak geografis Provinsi Riau di sebelah utara berbatasan dengan Kepulauan Riau dan Selat Melaka; di sebelah selatan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala; di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan (Provinsi Kepulauan Riau), dan di sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Geografi
Luas wilayah Provinsi Riau adalah 111.228,65 kilometer persegi (luas sesudah pemekaran Provinsi Kepulauan Riau) yang terdiri dari pulau-pulau dan laut-laut. Keberadaannya membentang dari lereng Bukit Barisan sampai Laut Cina Selatan, terletak antara 1°15´ Lintang Selatan sampai 4°45´ Lintang Utara atau antara 100°03´-109°19´ Bujur Timur Greenwich dan 6°50´-1°45´ Bujur Barat Jakarta.

Daerah Provinsi Riau beriklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar antara 2000-3000 milimeter per tahun yang dipengaruhi oleh musim kemarau serta musim hujan. Rata-rata hujan per tahun sekitar 160 hari.

Menurut catatan Stasiun Metereologi Simpang Tiga, suhu udara rata-rata di Kota Pekanbaru menunjukkan optimum pada 27,6 ° Celsius dalam interval 23,4-33,4° Celsius. Kejadian kabut tercatat terjadi sebanyak 39 kali dan selama Agustus rata-rata mencapai 6 kali sebagai bulan terbanyak terjadinya kejadian.

Arti lambang
Mata rantai tak terputus sejumlah 45 butir, membentuk tameng. Memberi arti persatuan dan kesatuan bangsa yang telah diprokalamasikan sejak tahun 1945. Di dalamnya berisi padi, kapas, gelombang laut, keris dan lancang kuning, jenis kapal layar yang khas daerah Riau. Padi kapas melambangkan kesejahteraan rakyat, lancang kuning mengandung arti semangat rakyat Riau dengan hasil laut yang melimpah. Gelombang 5 lapis melambangkan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Dan Keris Berhulu, kepala burung Serindit adalah kepahlawanan rakyat Riau berdasarkan kebijaksanaan dan kebenaran



Sumber daya alam

Riau kaya akan sumber daya alam, baik kekayaan yang terkandung di perut bumi, berupa minyak dan gas bumi, emas, dll. maupun kekayaan hutan dan perkebunannya, belum lagi kekayaan sungai dan lautnya. Seiring otonomi daerah, kekayaan tersebut bertahap mulai disalurkan secara penuh ke daerah (tidak sepenuhnya diberikan ke pusat) lagi. Aturan baru dari pemerintahan reformasi, memberi batasan dan aturan tegas mengenai kewajiban penanam modal, pemanfaatan sumber daya dan bagi hasil dengan lingkungan sekitar.

Demografi

* Suku bangsa: Suku Melayu, Suku Jawa, Suku Minangkabau, Suku Batak, Suku Banjar, Suku Tionghoa, Suku Bugis, Suku Sunda.
* Bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Bahasa Minangkabau.
* Agama: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu

Pendidikan

Riau mempunyai beberapa perguruan tinggi, di antaranya Universitas Riau [1], Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negri SUSKA (Sultan Syarif Kasim), Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau . Selain itu juga terdapat Politeknik Caltex Riau [2], dan Lembaga pendidikan dan pelatihan.

Pemerintahan
Kabupaten dan Kota

NoKabupatenIbu Kota
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Kabupaten Bengkalis
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan Hilir
Kabupaten Rokan Hulu
Kabupaten Siak
Kabupaten Kepulauan Meranti
Kota Pekanbaru
Kota Dumai
Bengkalis
Tembilahan
Rengat
Bangkinang
Teluk Kuantan
Pangkalan Kerinci
Bagan Siapi-api
Pasir Pengaraian
Siak Sri Indrapura
Selatpanjang



Daftar Gubernur
No. Nama Dari Sampai Keterangan
1. Mr. Mohammad Amin 5 Maret 1958 6 Januari 1960
2. KAHARUDIN NASUTION copy.jpg Kaharuddin Nasution 6 Januari 1960 1966
3. Arifin Ahmad 1966 1978
4. Brigjen R. Subrantas Siswanto 1978 1980
5. Prapto Prayitno 6 Juni 1980 2 Oktober 1980
6. Mayjen H. Imam Munandar 2 Oktober 1980 6 Agustus 1988
7. H. Baharuddin Yusuf 1988
8. Drs. Atar Sibero 6 Agustus 1988 28 Desember 1988
9. Letjen Soeripto 28 Desember 1988 28 Desember 1998
10. Saleh-djasit.jpg Brigjend. H. Saleh Djasit SH 28 Desember 1998 21 November 2003
11. Rusli zainal.jpg H.M. Rusli Zainal, SE 21 November 2003 31 Juli 2008
12. Wan Abu Bakar, Gubernur Riau.jpg Drs. H. Wan Abubakar MS, MSi. 31 Juli 2008 21 November 2008
13. Rusli zainal.jpg H.M. Rusli Zainal, SE 21 November 2008 sekarang masa jabatan kedua



Perekonomian
A. Pertanian & perkebunan
Perkebunan yang berkembang adalah perkebunan karet dan perkebunan kelapa sawit, baik itu yang dikelola oleh negara ataupun oleh rakyat. Selain itu juga terdapat perkebunan jeruk dan kelapa.Untuk perkebunan sawit saat ini propinsi Riau memiliki perkebunan sawit seluas 1,34 juta hektar.Selain itu terdapat pula 116 pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) yang beroperasi dengan produksi coconut palm oil”(CPO) 3.386.800 ton per tahun.

B. Hutan & ikan
Pembangunan kehutanan pada hakekatnya mengcakup semua upaya memanfaatkan dan memantapkan fungsi sumber daya alam hutan dan sumber daya alam hayati lain serta ekosistemnya, baik sebagai pelindung dan penyangga kehidupan dan pelestarian keanekaragaman hayati maupun sebagai sumber daya pembangunan. Namun dalam realitanya tiga fungsi utamanya sudah hilang, yaitu fungsi ekonomi jangka panjang, fungsi lindung dan estetika sebagai dampak kebijakan pemerintah yang lalu.


Hilangnya ketiga fungsi diatas mengakibatkan semakin luasnya lahan kritis yang diakibatkan oleh pengusahaan hutan yang tidak mengindahkan aspek kelestarian. Efek selanjutnya adalah semakin menurunnya produksi kayu hutan non HPH, sementara upaya reboisasi dan penghijauan belum optimal dilaksanakan. Masalah lain yang sangat merugikan tidak saja Provinsi Riau pada khususnya tapi Indonesia pada umumnya adalah masalah ilegal logging. Masalah ini merupakan akar dari masah lalu yang sulit sekali untuk diberantas karena ada oknum-oknum tertentu yang ikut bermain didalamnya. Ilegal logging telah menyebabkan hutan Riau habis tanpa ada proses hukum bagi mereka yang melakukannya.

Industri
Hasil daerah provinsi Riau antara lain:
1. Kelapa Sawit
2. Kopra
3. Karet
4. Plastik
5. Kayu

Pertambangan
Hasil pertambangan Provinsi Riau adalah Minyak bumi, Gas, dan Batu Bara.

Transportasi
Provinsi Riau merupakan satu-satunya propinsi yang mempunyai BUMD di bidang transportasi udara yakni PT. Riau Airlines,yang bertujuan untuk melayani daerah-daerah yang sulit dijangkau melalui jalan darat maupun laut. Riau Airlines mengoperasikan Fokker-50 buatan Belanda(5 armada),untuk tahun 2008 menambah 2 armada lagi dengan jenis Avro-RJ 100

Keuangan & Perbankan
Untuk perbankkan di Propinsi sangat berkembang pesat, ini ditandai banyaknya bank swasta,serta adanya BUMD Bank Riau dan BPR Sarimadu.

Seni dan Budaya
A. Musik
* Musik Gambus Melayu
* Kompang Bengkalis
* Calempong Kampar
* Gong Tanah Sibunguik
* Berdah Rengat

B. Tarian
* Tarian Gamelan
* Serampang Dua Belas
* Joged Lambak
* Zapin
* Tari Lancang Kuning
* Tari Pembubung
* Tari Makan Sirih

Sumber: wikipedia.co.id
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..