-->

Mengenal Allāh Subhānahu wa Ta’āla Dengan Nama Dan SifatNya

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Mengenal Allāh Subhānahu wa Ta’āla Dengan Nama Dan SifatNya, Allah telah mengabarkan didalam alquran bahwa Allah memiliki nama dan sifat. Allah berfirman dalam Al-Quran:


وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(Surah Al-A'raf:180)


لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ بِالْاٰخِرَةِ مَثَلُ السَّوْءِۚ وَلِلّٰهِ الْمَثَلُ الْاَعْلٰىۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Bagi orang-orang yang tidak beriman pada (kehidupan) akhirat, (mempunyai) sifat yang buruk; dan Allah mempunyai sifat Yang Mahatinggi. Dan Dia Mahaperkasa, Mahabijaksana.(Surah An-Nahl:60)

Kita mengenal Allah dengan nama dan sifat tersebut, kita mengenal Allah sebagai dzat yang maha penyayang, karena dia Arrahman dan Arrahim. kita mengenal Allah sebagai dzat yang maha pengampun (alQhafur).

Allah juga mengabarkan didalam alquran, bahwa diantara sifat Allah adlah beristiwa' diatas Arsy, Allah berada diatas,  bahwa Allah turun ke langit dunia di 1/3 malam terakhir. sebagaimana dikabarkan Rasulullah salallahu'alaihi wasallam.

Kewajiban kita sebagai muslim adalaah mengimani dan menetapkan nama dan sifat tersebut karena Allah lebih tahu tentang diriNya dari pada kita semua, dan Nabi salallahu 'alaihi wasallam lebih tahu tentang Allah dari pada kita semua.

Tidak boleh seorang muslim menolak nama dan sifat tersebut, dan tidak boleh menyamakan sifat dan nama tersebut dengan sifat makhluk, atau mentakwil nama atau sifat tersebut.


LihatTutupKomentar