Cara Mengatasi Error MySQL Shutdown Unexpectedly

Mungkin teman-teman semua pernah atau sedang mengalami kendala service MySQL di komputernya tidak mau dijalankan dan timbul pesan "MySQL shutdown unexpectedly" pada xampp control panel nya. Ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan error seperti ini seperti membackup database / melakukan copy-paste pada folder data di mysql atau menambah library framework baru pada ektensi php. 

Error MYSQL Shutdown Unexpectedly

Tapi anda jangan bingung dulu, lantas melakukan reinstal xampp. Kali ini saya akan memberikan beberapa trik agar mysql anda dapat kembali dijalankan. Dan saya telah mencoba nya di komputer saya. Ini dia langkah-langkah nya:

  1. Stop semua service yang berjalan (Apache, Mysql, dll) pada xampp control panel.
  2. Buka folder data pada folder Xampp/Mysql 
  3. Hapus file ibdata1
  4. Restart Xampp anda kembali
  5. Selesai dan berhasil
Service MySQL kembali berjalan normal

Nah inilah sekerdar informasi siapa tau ada teman-teman yang mengalami masalah seperti ini, dengan harapan bisa membantu, dan jikalau tidak juga membantu atau bahkan kalian menemukan cara lain untuk mengatasi hal seperti silahkan memberi komentar.

Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..