-->

Cara Mengganti Bahasa di Mozilla Firefox

Cara Mengganti Bahasa di Mozilla Firefox - Jika anda seorang yang suka browsing dengan menggunakan Browser Mozilla Firefox, dan terkadang sering bingung karena bahasa yang digunakan. Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi bagaimana cara merubah bahasa pada mozilla firefox. Kali ini saya menggunakan mozilla firefox versi 9.01 dengan bahasa Indonesia. Jelas penggunaan Bahasa Indonesia pada browser ini sangat membingunkan bagi saya. Ketika ingin melakukan pengaturan network connection, privacy, dll  akan terasa ribet jika menggunakan Bahasa Indonesia. Bukan karena saya tidak cinta Bahasa Indonesia, tapi memang karena belum terbiasa menggunakan istilah-istilah komputer / internet dalam bahasa Indonesia. Saya lebih suka menggunakan versi Bahasa English-US. 

Mozilla Firefox
Oke, kali ini kita akan merubah bahasa pada browser yang tadinya Bahasa Indonesia menjadi English-US. Begini caranya: Pertama-tama anda harus mengetahui apa versi Mozilla Firefox yang anda gunakan, caranya anda klik tombol "Firefox" berwarna oranye di sudut kiri atas lalu pilih Bantuan > Tentang Firefox, nah versi browser Mozilla Firefox anda bisa anda lihat tepat di bawah tulisan Firefox berukuran besar di jendela kecil yang muncul. Setelah mengetahui versi browser Mozilla Firefox anda sekarang buka halaman ini, klik link yang sesuai dengan versi browser Mozilla Firefox anda, selanjutnya jika anda menggunakan sistem operasi Windows anda klik link "win32/", kemudian klik link "xpi/" yang lokasinya ada di bawah, lalu klik link "id.xpi" dan tunggu proses download selesai, nanti akan muncul jendela kecil seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tungu hingga tombol "Install" nya aktif lalu klik tombol tersebut, setelah selesai di-install anda akan diminta untuk me-restart browser anda, klik tombol "Restart Now".

Add-Ons Language Pack
Setelah selesai di-restart browser-nya sekarang anda ketik "about:config" (tanpa tanda kutip) di address bar browser anda, klik tombol bertuliskan "I'll be careful, I promise!", selanjutnya di form input-an "Filter" ketik "general.useragent.locale" (tanpa tanda kutip), klik kanan di hasil pencarian yang ditemukan lalu pilih menu "Modify". Di jendela kecil yang muncul ganti isian "id" menjadi " en-US " lalu klik tombol "OK". Langkah terakhir restart browser anda, sekarang browser Mozilla Firefox anda bahasanya telah berubah menjadi English-US. Untuk merubahnya kembali ke bahasa Inggris anda ganti lagi isian " en-US " tadi ke "id".

About:config Mozilla Firefox
LihatTutupKomentar