Mengenal Metode Pengembangan Sistem

Pengembangan sebuah sistem diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Misalnya aplikasi Sistem Penggajian Karyawan (Payroll) pada sebuah perusahaan. Aplikasi tersebut akan terus diperbaiki secara berkala. Hal ini karena pemerintah selalu menaikkan standar gaji karyawan pertahun. Maka sistem tersebut perlu pengembangan dalam perubahan penetapan gaji karyawan. Berikut ini beberapa metode yang dapat dilakukan untuk pengembangan sebuah sistem:



1. Metode Pengembangan Evolusioner
Metode pengembangan evolusioner berdasarkan pada ide untuk mengembangkan implementasi awal dari sebuah sistem, dengan menunjukkan pada pengguna untuk mendapatkan sepons. Hal tersebut terus dilakukan sampai tercapainya sebuah sistem yang diinginkan oleh pengguna. Pada metode ini, tidak ada kegiatan spesifikasi, pengembangan, dan proses validasi, karena sistem terus diperbaiki sampai benar-benar dapat digunakan oleh pengguna.



2.Metode Re-Usable
Metode Re-usable digunakan oleh pengembang sistem dengan memanfaatkan program atau sistem yang sudah ada.

3. Metode Prototyping
Metode prototyping merupakan metode pengembangan sistem yang dilakukan secara terus menerus didalam sebuah yang sedang berjalan dan dikerjakan oleh pengguna.


4. Metode Pengembangan Berorientasi Objek
Seiring berkembangnya sistem berorientasi objek, maka analisis dan design sistem juga menggunakan konsep objek. Object Oriented Analisis and Design (OOAD) merupakan metode pengembangan sistem yang menekankan pada objek.




Post a Comment

0 Comments