Cara Pemijahan Anak Ikan Nila

Budi daya ikan nila merupakan salah satu usaha budi daya yang sangat bagus dan potensial. Mengingat ikan nila yang memiliki segudang manfaat dan gizi. Ikan nila sendiri biasanya melukan proses kawin hampir setiap bulan, sehingga kita dapat melakukan budi daya secara berkelanutan(continue). 
Budidaya ikan nila merah
Ikan nila sendiri  bertelur dan mengeluarkan larva yang lumayan banyak ketika produksi. Proses pemijahan anakan / larva nila dari kolam dapat dibantu manusia agar tingkat keberhasilannya tinggi. Berikut saya jabarkan beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam pemijahan ikan nila:
1. Pisahkan larva nila dari kolam
Larva nila yang ada di kolam harus di pisah dengan indukan nila yang ada di kolam. Ini bertujuan agar larva nila aman dari serangan ikan-ikan besar. anda dapat memindahakan nya ke baskom atau akuarium kecil khusus larva nila.

Larva Ikan Nila
2. Pemberian Pakan larva Nila
Untuk pemberian pakan, anda tidak perlu khawatir. Anakan nila dapat diberikan makan seperti lumut atau pelet yang dihaluskan.

3. Pisahkan Larva yang mati
Dari sekian banyak larva yang ada, mungkin tidak semua nya akan bertahan hingga besar. Ketika anda mendapati ada beberapa anakan nila yang mati, cepat dibuang atau dikeluarkan dari aquarium atau baskom tadi.  Tujuannya agar larva yang lain tidak bertambah banyak yg mati.

4. Cek secara berkala
Lakukan pengecekan anakan ikan nila tadi secara berkala setiap hari, ini dilaukan agar memastikan anakan nila dalam kondisi sehat.


Sekian tips atau cara pemijahan annakan ikan nila merah. Untuk mendapatkan informasi seputar ikan nila merah anda dapat menyaksikan video dibawah ini, terimakasih.



Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..