Jelajah Wisata Rumah Lontiok Pulau Belimbing

10 November , tepat di Hari Pahlawan Nasional kami yang terdiri dari beberapa anggota Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru sengaja bertolak Ke Kabupaten Kampar dalam rangka menghadiri pesta mario Sanjaya, salah seorang pendiri komunitas blogger bertuah Pekanbaru. Pada kesempatan ini, juga kami manfaatkan untuk melakukan kunjungan wisata ke Rumah Lontiok Desa Pulau Belimbing Kabupaten Kampar Timur.



Pesta Bang Mario

Rumah Lontiok sendiri berasal dari bahasa daerah kampar timur, yaitu kalau diartikan kedalam bahasa indonesia adalah rumah lengkung / bengkok. Lontiok memiliki bentuk melengkung ke atas yang memiliki  simbol untuk menghormati Tuhan / Allah. Rumah Lontiok memiliki keunikan bentuk, serta memiliki nilai-nilai  simbolik yang terkandung pada rumah tradisional Lontiok. Pengolahan material, pilihan bentuk, penggunaan ragam hias dan maknanya diduga berhubungan erat dengan nilai adat serta nilai sosial masyarakat Kampar.

Lumbung Padi didepan Rumah Lontiok

Rumah lontiok sendiri biasanya dipergunakan masyarakat untuk berkumpul atau bermusyawarah besar dengan melibatkan ninik mamak tokoh pemuda kampung Pulau Belimbing ini sendiri. Tempat ini juga merupakan sebuah warisan budaya, cagar wisata yang sangat berpotensi dalam mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.



Pijan On Action


Daerah ini terletak di pinggir sungai Kampar, merupakan taman wisata daerah yang sangat bagus untuk dikembangkan dan seharusnya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat dalam pelestarian budaya daerah. Berikut Beberapa gambar yang dapat kami abadikan .


#me #bonus

Finally, ini dia rekaman ala Bertuah dengan tema kunjungan wisata Rumah Lontiok.Dimana bebearapa dari kami mengeluarkan opini, pendapat , dan harapan untuk kelestarian daerah ini. Best Regards, Selamat menikmati :) 

Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

2 comments :

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..