Ini Komunitasku, Apa Komunitasmu?

Tak terasa sebentar lagi Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru akan berulang tahun yang ke empat tahun, Komunitas yang berdiri tanggal 28 Februari 2009 ini terdiri dari kumpulan blogger dan publisher yang ada di Pekanbaru, Riau. Bertuah terbentuk atas prakarsa 11  blogger-blogger muda yang inspiratif, bermula dari pertemuan Hendrawan dengan Datuk Bertuah (waktu itu bernama Nanlimo) di Bandar Serai MTQ dan dilanjutkan Kopdar pertama yang dihadiri oleh Emo, Hendrawan (tuan rumah, di Gedung Riau Pos Panam), nyusul Bang Ais , Bang Fiko, Prof Ijo dan Bang Tengku Khairil.

Kopdar Pertama Blogger Bertuah Pekanbaru

Saya memang masih tergolong baru di komunitas ini, bergabung di awal tahun 2011 yang sewaktu itu masih  berstatus sebagai  mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Pekanbaru. Perkenalan saya dengan Bertuah bermula dari diadakan nya Riau Blog Competition 2010 oleh Mall Pekanbaru bertema Sumpah Pemuda di bulan Oktober 2010 silam. Saya yang waktu itu menjadi salah satu juri disana berkenanalan dengan Bang Maryo yang notabene adalah admin dari komunitas Blogger Bertuah.

Riau Blog Competition
Di akhir tahun 2010 saya di invite ke grup facebook blogger bertuah, sebagai seorang yang baru saya hanya masih mengintip saja apa aktivitas di grup ini. Dulu ketika bergabung di grup, member nya hanya sekitar seratus orang dan itu membuat fasilitas chatting masih aktif. dari obrolan disana saya melihat bahwa komunitas ini "seru". Kopdar pertama saya dibulan January, ketika ada pembicaraan dengan pihak Tribun Pekanbaru terkait dengan lomba blog yang akan mereka adakan. Disana saya mengenal Kak Sesri, dan Bang Avin yang sebenarnya adalah alumni kampus saya juga.

Ulang tahun ke dua Blogger Bertuah di adakan di Mal Pekanbaru, bertepatan dengan event yang diselenggarakan oleh Tribun Pekanbaru tadi. Dan disini saya mengenal lebih banyak orang lagi. ada Bang Heri, Mas Kiran, Bang Ijal, Mbak Else, dan lain nya. Ternyata Pak Oki Helfiska, Wali kelas saya dlu waktu bersekolah di SMK Labor juga merupakan member komunitas ini.

Ulang Tahun kedua Blogger Bertuah di Mall Pekanbaru
Gara-gara  join di komunitas ini, tulisan saya di blog ini pernah di muat di Tribun Pekanbaru. tepatnya kolom Blogger Riau, terbit hari Kamis 10 Maret 2011. Waktu itu saya membuat artikel di blog dengan judul Bersepeda, alternatif krisis BBM. tulisan ini terinspirasi dari masalah yang terjadi di Pekanbaru saat itu, yaitu kelangkaan BBM, hingga saya harus mengisi bensin ketengen di pinggir jalan dengan harga 15.000 / liter. Ide-ide dari tulisan ini juga datang dari Pemimbing dua TA saya, yang setiap saya bimbingan dengan nya selalu bercerita hal-hal diluar sana yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tugas akhir saya #ngenes.
But, thanks for share, thanks for your story Sir..!


 
Berhubung aktifitas kampus saya yang padat waktu itu, apalagi sebagai mahasiswa tingkat akhir yang disibukkan dengan Tugas Akhir a.k.a Skripsi membuat saya tidak begitu aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas. Oya, bagi kalian yang sekarang mahasiswa akhir lagi nyusun TA saya punya cerita penyemangat buat kalian, silahkan simak disini >> http://www.dailykurnia.com/search/label/Tugas%20Akhir


Dibulan Ramadhan 2011, Blogger Bertuah mengadakan Buka Bersama di PT. Telkom Kandatel Ridar. Acara yang di hadiri Pakar IT Ono, W. Purbo ini diberi nama "Berbual IT Bersama Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru"

Pembuka tahun 2012, Bertuah seakan tak pernah habis kegiatan. Aktif di dunia maya, begitu juga di dunia offline. Sebagai bentuk solidaritas dan rasa sosial yang tinggi , Komunitas Blogger Bertuah mengadakan acara Donor Dara dan Cek Kesehatan Gratis di CFD jl. Diponegoro Pekanbaru tanggal 19 Februari 2012. Kegiatan ini merupakan rentetan acara menyambut ulang tahun yang ke tiga Blogger Bertuah Pekanbaru.


Untuk ulang tahun ke tiga, saya tidak bisa ikut karena sedang tidak berada di Pekanbaru. Waktu itu lagi di jogja untuk mengikuti rangkaian Tes Rekrutment salah satu BUMN besar di Negeri ini, yang sayangnya saya gagal di tes ke empat dari tujuh tes yang ada.  But, dunia belum berakhir. sisi positif yang dapat saya ambil adalah bisa menikmati indahnya Indonesia dengan jalan-jalan di Jogja - solo untuk beberapa pekan. Saya balik Ke Pekanbaru dengan membawa beberapa Batik Bola yang saya beli di Solo. keren waktu itu, dan belum ada di Pekanbaru. 

Juga berkat ngeblog, iseng saya mencoba jualan online dengan membuat postingan artikel tentang batik bola dengan berbgaia macam tim. Alhasil, diluar dugaan. banyak yang berminat dan membeli. Ada dari Bandung, Jakarta, Makasar, Pontianak, dan paling jauh dari Monokwari Papua. Ditambah lagi dengan bantuan Fijan(salah seorang anggota Bertuah yang jago dalam optimasi) dalam masalah SEO(search engine optimition) Batik Bola membuat saya kebanjiran order saat itu. Dan tak disangka, Pihak Tribun Pekanbaru menelpon saya untuk wawancara, mereka tertarik untuk mengangkat artikel "Suporter unik dengan kostum Batik Bola". Alhasil satu halaman Full Page rubrik City Style saat itu diisi dengan lapak batik bola saya lengkap dengan katalognya.

 

Selasa 23 Oktober 2012, Blogger Bertuah Pekanbaru membuat sebuah sejarah baru dalam perjalanan hidup komunitas ini. dalam musyawarah luar biasa, tampuk kepemimpinan organisasi telah berpindah tangan.
Lebih dari tiga tahun berlalu sejak 11 orang blogger di Pekanbaru ketika itu bersepakat untuk membentuk wadah bagi para blogger yang ada di kota bertuah dan sekitarnya ini. Secara aklamasi, para anggota yang hadir pada malam itu telah menunjuk dan mempercayakan saya sebagai ketua baru periode 2012-2014. OMG, makan apa saya sebelumnya???

Sejujurnya, saya bukan lah tipikal pemimpin. soalnya selama hidup saya belum pernah jadi ketua organisasi,  paling keras dulu waktu sd jadi kapten tim sepakbola anak-anak aur kuning atas.
Tapi dengan tema Regenerasi, Semangat dan energi baru itu muncul ketika semua lini di kepengurusan di tunggangi oleh orang-orang muda yang berbakat dan hebat. #eaaa

Berjalan kurang lebih tiga bulan ini, alhamdulillah The Young Guns alhamdulillah telah sukses menggelar beberapa event besar, yaitu:
  1. Workshop Bisnis Go Online Google yang ditunggangi Ridho faldana
  2. Gathering Akbar UKM Riau Goes Online & Kopdar bertuah yang ditunggangi Fijan
  3. Penyerahan KTA Blogger Bertuah 
  4. Futsal Bareng
  5. dll..

Gathering Akbar




Maju terus Blogger Bertuah, Tumbuhkan semangat kekeluargaan, kekompakan, dan sosial yang tinggi antara kita.  Saatnya yang muda yang berkarya!!

Referensi dan Foto:
http://www.attayaya.net
http://www.pekanbaruriau.com
http://www.bloggerbertuah.org
http://www.pojokphoto.com
 


Salam Olahraga!
[19 -1-2013 - Sudut Pekanbaru]
LihatTutupKomentar