Majelis Ilmu

Suara azan Subuh bergema di Mesjid Agung Annur Pekanbaru. Hari ini adalah minggu, 24 April 2011. Keberadaan ku disini tidak lepas dari ajakan ayah yang sudah dari tadi malam mengajak ku untuk ikut dengan nya ke Mesjid Agung Annur mengikuti Kuliah Subuh Majelis Ilmu. Dia bilang: "Jangan hanya ilmu umum saja yang kamu pelajari, tapi juga harus dibarengi dengan Ilmu agama.. Ustadz nya bagus, Dosen Besar dari Malaysia, jadi rugi kalo gak ikut.." . Ya, begitu lah sedikit pencerahan ayah malam itu.

Karena pertama kali mengikuti majelis ini, apalagi acaranya dilakukan setelah solat subuh. Jadi, rasa kantuk  yang tak tertahankan masih menyelimuti hingga aku tersadar karena sebuah pesan masuk ke HandPhone mungil ini. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk ini, iseng-iseng aku merekam kegiatan didalamnya dengan kamera HP:


Beberapa pelajaran yang dapat kutangkap pagi itu, "Setiap Perbuatan Dimulai dari Keinginan". Keinginan itu ada dua macam:
  • Keinginan bersengaja > Berdosa
  • Keinginan tidak bersengaja / semula jadi > tidak berdosa
Mata masih menahan kantuk \(-__-)/
Terkait dengan keinginan, aku tertarik dengan sebuah pertanyaan salah seorang waktu itu , "Bagaimana hukumnya kalau kita tidak sengaja melihat wanita yang melintas di depan kita dengan tidak memakai pakaian yang menutup aurat??"

Suasana pagi di halaman mesjid Agung

Si Ustadz menjawab dengan sangat santai tapi tegas:
"Pandangan Annazratul Ula / Pandangan pertamatidak mengapa, pandangan yang kedua dan seterusnya itu - tunggulah dosa..!!"

"Sesungguhnya Allah memaafkan apa-apa yang bergetar dalam diri kaum nya"

LihatTutupKomentar