-->

Stand Up Comedy Indonesia

Kemaren malam saya dibuat tertawa terpingkal-pingkal dan melupakan sejenak jenuh Tugas Akhir oleh tingkah Raditya Dika dalam Stand Up Comedy Indonesia. Berawa dari sebuat tweet salah seorang teman yang nongol di TimeLine twitter, dia beri hashtag #StandUpComedyIndo. Dengan rasa penasaran , saya langsung terjun ke TKP. oo ya, sebelumnya saya akan share apa itu Stand Up Comedy dan sejarahnya.

Stand Up Comedy merupakan format sajian lawakan (komedi) ala Barat yang sangat populer dan disampaikan di depan penonton secara langsung (live). Biasanya sang komedian akan melakukan one man show. melemparkan lelucon melalui monolog atau statement dalam satu kalimat yang mengandung humor. Komedian di jalur ini biasanya menulis skrip lawakannya untuk tampil dalam 20-45 menit). Kadang-kadang mereka memakai alat bantu untuk menyampaikan lelucon mereka. Meskipun stand up comedy, pelawak ngga harus terus menerus berdiri, beberapa pelawak menyampkain sambil duduk seperti sedang bercerita pada kita. Sejarah stand up comedy dimulai sejak abad 18 di Eropa dan Amerika. Dalam sejarahnya perkembangan stand up comedy juga ditemui di berbagai benua. Bahkan negeri tetangga Malaysia punya seorang stand up comedian terkenal, Akmal Saleh. India punya Jhony Lever dan dilanjutkan Cyrus Broacha. Mereka juga mengadakan The Great Indian Laughter Challenge.

First of Stand up comedy


Ngga cuma on air, ternyata Indonesia punya Stand Up Comedian yang off air juga. Mereka biasanya manggung di Comedy Cafe- Kemang. Ada nama Ramon P.Tommybens sebagai seniornya stand up comedy Indonesia. Ada juga Dila Dill yang sudah melawak sejak umur 6 tahun.

Stand up comedy kurang populer karena mainstream industri lawak masih pada physical comedy. Pak Bendot (Alm) di Srimulat terus di Bully untuk memancing tawa penonton. Aziz gagap di paksa duduk di kursi stereofoam, Omas ditertawakan atas bentuk bibirnya dan dipaksa berdandan tak enak dipandang agar penonton tergelak. Anggapan lain, lawakan hanya bisa muncul bila delakukan melalui percapakan, bukan monolog.

Butet Kertarajasa

Ya...meskipun bisa dikatakan Stand Up Comedy kurang pupuler di Indonesia, paling tidak masih ada sekelompok pelawak yang sadar kalau lawakan ngga harus stagnan di lingkup slapstick.


Stand Up Comedy Indonesia - Dan ini dia,, video yang membuat saya tertawa lepas malam itu, Stand Up Comedy With Raditya Dika, Selamat Menikmati.. CekiDot >>

gilaaak,, gue kira stress ni anak ^^

LihatTutupKomentar