Alasan kenapa kamu harus datang ke Riau???

Tak kan melayu hilang di bumi, Hangtuah
Begitu lah sepenggal ungkapan / quote yang saya ambil dari seorang laksamana tersohor dari Kepulauan Riau bernama Hangtuah. Ungkapan ini mungkin bermakna Nasionalisme suku melayu yang kuat dan memegang teguh nilai-nilai luhur di belahan dunia mana pun ia berada .

Oke, back to topic. Kenapa kamu harus datang ke Riau? 

Ketika mendengar kata "Riau"  mungkin terlintas di pikiran kita adalah minyak, chevron, kebun sawit, rusli zainal atau mungkin staion utama. Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Provinsi ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Memang di Riau tidak memiliki wisata laut seindah Bali, Manado dengan Bunaken nya, ataupun Raja Ampat. Tetapi Riau punya wisata sejarah dan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Mungkin berikut beberapa tempat yang paling recommended di Riau versi saya yang wajib kamu kunjungi:

1. Rumah Lontiok dan Masjid Jami'
Rumah Lontiok adalah Rumah Adat Kampar,. Lontiok (lentik dalam Bahasa Indonesia) berarti melengkung atau bengkok. Lontiok memiliki bentuk melengkung ke atas yang memiliki simbol untuk menghormati Tuhan / Allah. Rumah Lontiok memiliki keunikan bentuk, serta memiliki nilai-nilai simbolik yang terkandung pada rumah tradisional Lontiok. Pengolahan material, pilihan bentuk, penggunaan ragam hias dan maknanya diduga berhubungan erat dengan nilai adat serta nilai sosial masyarakat Kampar.

Masjid Jami' terletak di Jalan Pasar Usang Desa Tanjung Barulak, Air Tiris Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.  Masjid ini dibangun pada tahun 1901 Masehi atas prakarsa Engku Mudo Sangkal, seorang ulama yang mengonsolidasikan potensi ninik-mamak dan cerdik-pandai dari 20 kampung di kenegerian Air Tiris
Masjid Jami
2. Ombak Bono Sungai Kampar
Gelombang Bono Sungai Kampar merupakan fenomena alam unik di Indonesia, tepatnya di muara sungai Kampar, yang mirip dengan Poporoca di sungai Amazon. Di poporoca, gelombang besar yang di hasilkan terjadi karena pasang laut Atlantik, sementara gelombang bono terjadi akibat benturan tiga arus air yang berasal dari Selat Melaka, Laut Cina Selatan dan Aliran air Sungai Kampar.


Cerita lengkap mengenai ombak bono bisa kamu baca disini

3. Air Terjun Batu Dinding
Warga Pekanbaru sendiri mungkin masih tidak banyak yang tahu dengan tempat se epic ini. Air terjun Batu dinding merupakan salah satu potensi wisata Riau yang terdapat di Desa Tanjung Belit (Desa Gema), Lipat Kain Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Air Terjun ini berlokasi tidak jauh dari Gunung Jadi , dan untuk menuju lokasi ini anda dapat menggunakan sepeda motor / mobil dari Pekanbaru menuju Lipat Kain. Perjalanan menuju desa gema akan menempuh jarak kurang lebih 75 KM dengan waktu tempuh 2 jam.
Cerita lengkap nya disini

4. Goa 7 Serangkai
Goa 7 Serangkai mungkin adalah tempat yang paling "PECAAAH" yang pernah saya kunjungi di Riau. Lokasi nya berada di Desa Kabun, Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka naik gunung atau trekking ke hutan. 

Blogger Bertuah on Vacation

Kondisi di dalam goa 


5. Kereta Api Makam Pahlawan Kerja
Di makam pahlawan kerja ini terdapat sebuah kereta api peninggalan penjajahan jepang dulu. Lokasi nya dekat dengan Bandara Sultan Syarif Qasim. Kini diabadikan di bagian belakang makam. Keberadaan nya kini mulai "terurus" , sudah di cat ulang dan di bersihkan sekelilingnya. Hingga pengunjung dapat masuk kedalam lokomotif tersebut.


6. Rumah Blogger Riau
Salah satu tempat nongkrong paling awesome di Pekanbaru. Tempat ini biasanya di manfaatkan oleh teman-teman blogger di Riau melakukan kegiatan super duper kreatif. Sebenarnya bukan hanya Blogger sih, Sekumpulan teman-teman dari komunitas Riau Haritage juga sering berkumpul melakukan rapat dan sharing santai disini. 

Rumah Blogger Riau mungkin tempat yang tepat bagi kalian yang galau intelek. bingung mau menyalurkan hobi positif. yang mau tahu lokasi nya bisa intip disini


7. Politeknik Caltex Riau
PCR is stand for Politeknik Caltex Riau, not Politeknik caltex Rumbai :D , terletak di Rumbai, Pekanbaru bagian utara. Ini adalah salah satu kampus keren yang ada di Riau. Sebagai almamater PCR, saya rekomendasikan bagi kamu untuk kuliah disini. Kenapa??? simak alasan nya disini

8. Bukit Bintang
Kalau kamu pernah ke bukit senyum nya Batam, kamu dapat melihat indah nya Singapur di malam hari. Di Pekanbaru juga punya tempat seperti itu lo.. Namanya Bukit Bintang, berlokasi di Rumbai utara jalan menuju danau buatan. Di tempat ini kamu dapat menikmati indahnya lampu kelap kelip kota pekanbaru di malam hari. Suducahhhh..





OkesipFine, sekian dulu artikel paling menarik edisi januari 2014.
Kalau kamu ingin jalan-jalan keliling Riau , silahkan tinggalkan jejak disini.. :)

sumber foto: riaudailyphoto.com
Share on Google Plus

About Kurnia Rahman

Kurnia Rahman Agus - Programmer lepas yang mengisi hari-harinya dengan memberikan ilmu kepada siswa-siswi di salah satu SMK di Pekanbaru. Beliau aktif di beberapa komunitas seperti Blogger Bertuah dan Baleno Club Riau.

4 comments :

  1. Hingga pengunjung dapat masuk kedalam lokomotif tersebut, Terima kasih atas infonya gan... :)

    ReplyDelete
  2. pengen deh ke tempat yg nomer enaaaam~

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ALASAN KENAPA KAMU HARUS DATANG KE RIAU???
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, Semoga Bermanfaat..