-->

Hati-hati aplikasi berbahaya di Jejaring Sosial

Belakangan ini banyak dari account teman-teman ku di Situs Jejaring Sosial Facebook mengirimkan pesan chat seperti ini :
"OMG: This girl killed herself after her FATHER posted this message on her wall: bit.ly/hiht3w"
seperti ini
Hey, check out this girl, lol, she must be out of her mind for making that video!: bit.ly/gxUtPB
atau juga seperti ini:
WTF: G1RL made suicide after her DAD posted THIS mess@ge on her wa11:: bit.ly/hiht3w
Pesan itu adalah spam yang sangat berbahaya, aplikasi yang diberi nama aclebite itu berasal dari URL  xxxxttp://www.aclebite.info . Akibatnya adalah data-data pribadi kita akan diketahuinya dan account facebook kita akan mengirimkan pesan chat serupa kepada semua teman  yang sedang online secara otomatis (*tidak kita sadari).





Ini data lengkap dari website tersebut:
ACLEBITE.INFO SITE INFORMATION
IP: 212.7.194.51
IP Location: Sofia, Bulgaria
Website Status: active
Server Type: Apache
Lantas, bagaimana cara menghilangkannya?? Mudah saja kita tinggal masuk ke menu Account >> Privacy Setting, cari Apps and Websites (sebelah kiri paling bawah halaman), pilih Edit Your Settings. Nah terakhir, hapus aplikasi aclebite.


>> UPDATE <<

Dari tadi pagi ketika melihat halaman Facebook banyak sekali teman yang menyuruh mengklik sebuah link. Suruhan ini dihiasi dengan kata-kata yang menarik dan berupa URL pendek. Coba perhatikan tampilan berikut ini.

hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/ds4vc KEREN bgt swearr.. buruan…mampir

Dari pengamatan di halaman Facebook saya paling tidak ada dua orang teman yang terus-menerus update status dengan kata-kata di atas. Sebagai pengguna Facebook semestinyalah waspada karena sebagian besar virus/spam yang menyerang akun FB disebarkan melalui link.  Untuk menghindari hal ini,, saya  memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar spam tereliminasi dari halaman Facebook.

1. Hati-Hati dengan Link Scam
Contoh kejadian di atas adalah semacam link scam. Link scam ini nantinya akan menyerang wall pengguna dan memaksa pengguna untuk menyetujui penginstalan aplikasi tertentu di Facebook yang memungkinkan pengguna untuk memposting di wall teman-teman  dan page teman. Untuk menghindari terkena link scam ini lakukan hal
berikut:
a. Hati-hati dengan short link dari teman yang biasanya tidak pernah mem-share link sebelumnya.
b. Investigasi aplikasi yang terlalu baik ( too good to be true) sebelum menyatakan setuju untuk menginstalnya.
c. Perhatikan aplikasi mana saja yang telah anda berikan otorisasi untuk mempos di wall anda.

2. Hati-hati dengan Informasi yang anda berikan pada Aplikasi
Percaya atau tidak aplikasi adalah jalan masuk bagi virus dan spam. Kalau bisa pakailah aplikasi sesedikit mungkin karena biasanya aplikasi memiliki kemampuan untuk mengetahui alamat e-mail anda dan informasi personal lainnya. Kalau memakai aplikasi setelah memakainya hapuslah aplikasi tersebut dari daftar aplikasi anda agar spam tidak ikut mendompleng dan tidak merusak akun Facebook anda.




3. Hati-hati dengan ClickJacking
Selain dari aplikasi berbahaya yang mencoba untuk mengelabui pengguna Facebook untuk men-spamming teman mereka, metode nya adalah clickjacking. Clickjacking, kadang-kadang disebut likejacking, terjadi ketika pengguna mengklik link dan dibawa ke sebuah halaman dengan tombol LIKE tersembunyi. Karena tombol LIKE-nya tersembunyi dan bisa berada di mana saja dengan mengklik di manapun pada halaman akan menghasilkan feed
berita yang tentu saja akan di-share ke teman anda. Teman-teman anda  melihat hal ini dan mengklik link, tanpa disadari menyebarkan spam.
Nah para pengguna setia Facebook walaupun Facebook sendiri telah berusaha mengurangi spam sampai ke angka 95%, namun spam tetap saja akan ada kalau parang pengguna Facebook tidak hati-hati dan concern dengan keamanan akun mereka. Sekali lagi memakai aplikasi memang bagus terutama untuk mencari tahu siap saja yang melihat profile anda, siapa saja yang menjadi teman terbaik anda, dan statistik halaman Facebook anda. Namun pemakaian aplikasi juga berbahaya dan bisa merusak akun FB anda dengan munculnya banyak spam. Selain itu, anda harus sangat berhati-hati dengan pengaturan privacy anda agar spam dan virus tidak mudah memasuki akun anda.
Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar